Jumat, 24 Mei 2013

MENCENTAK BIBIT UNGGUL AYAM BANGKOK

Kenapa ternak kita hasilnya acak-acakan dan banyak yang boncos..??
Hasil tidak seragam, dan kualitas mutunya lambat laun terasa semakin menurun…
Kebanyakan peternak di Indonesia sangat fanatik dgn trah juara. Juara VS Juara, tapi anakannya tidak ada yg juara… Ini menimbulkan pertanyaan tersendiri...

Salah satu penyebabnya mungkin krn indukan kita geno-typenya tidak seragam alias acak-acakan. Itulah sebabnya diperlukan ternak dgn "rekayasa genetik" untuk menyeragamkan geno-type melalui proses ternak yg lebih terpadu, tersistematis atau terpola dengan baik. Bukan sekedar ayam menangan saja.

Buat rekan2 sekalian, ini ada sedikit artikel mengenai teknik2 breeding (beternak) dgn cara yg lebih sistematis sehingga bisa juga disebut sebagai ‘Rekayasa Genetika’.
Mungkin saja diantara teman2 ada yg lebih berpengalaman dan menemukan cara ternak yg lebih baik. Tapi minimal, artikel ini bisa menjadi sebuah wawasan baru mengenai bagaimana cara beternak yg baik dgn teknik modern sesuai dgn teori genetika.

Sebelum dilanjut, ada baiknya kita mengenal dulu beberapa kosa kata yg ada dalam artikel ini agar tdk terjadi salah penafsiran.

Inbreed : Perkawinan antara dua individu yg memiliki hubungan darah sangat dekat. Yaitu : Ibu dgn anak, bapak dgn anak dan anak vs anak.

Line breed : Perkawinan dua individu yg memiliki hubungan darah tidak terlalu jauh. Contoh : Kakek vs cucu, paman vs keponakan, dll.

Cross breed : Perkawinan antara 2 individu yg tidak memiliki hubungan darah. Atau minimal hubungan darahnya terlalu jauh.

Super breed : Individu yang selalu mampu menurunkan sifat2 terbaik pada keturunannya.

Super fight : Individu yang diproyeksikan khusus untuk lomba/tarung.








Re: [info] Pemuliaan Ternak

Post  Administrator on Tue Mar 03, 2009 9:03 pm
Artikel ini ditulis oleh Steven van Breemen, sesuai dgn pengalamannya beternak merpati pos di Eropa sana. Dituangkan dalam buku berjudul Mini Course The Art of Breeding.
Meskipun hewan yg digunakan adalah merpati, tapi saya rasa bisa diterapkan pada Ayam. Mengingat kedua spesies ini banyak memiliki kesamaan.

Berikut ringkasannya :

Steven Van Breemen mengembangkan sebuah metode ternak yang disebut : "population genetics".
Tujuan metode ini adalah membangun suatu populasi yang ada dalam kandang dengan ciri-ciri genetika yang kurang lebih sama (homogen). Misalnya, kalau kita punya 50 ayam di kandang, maka semuanya mempunyai ciri kualitas karakter yang relatif sama (tentu tidak 100 % sama, tapi kalaupun berbeda tidak terlalu jauh). Dari kesamaan karakter ini, kita akan mampu memunculkan hasil ternak yang selalu stabil mutunya. Artinya, kita bisa mendapatkan stok super breeder unggulan yang pada akhirnya mampu memunculkan super fight.

Metode ini merupakan pengembangan dari teori Gregory Mendel yg dimodifikasi. Aplikasinya dengan menggunakan prinsip Cross Breed, Inbreed dan Line breed secara sistematis dan tercatat dgn detail.
Menurut Mr. Steven, bila kita sukses mengembangkan metode ini, maka kita akan ongkang2 kaki bisa menikmati hasilnya selama 20 tahun lebih…!!

Teori population genetics hanya cocok diterapkan oleh breeder yang serius, konsisten dan mempunyai visi jauh ke depan. Jadi harus diawali dengan suatu angan-angan tentang kualitas ayam yg nantinya ingin kita hasilkan.

Berikut penerapannya di lapangan :

Tahapan ternak berdasar teori ini :
1. Cross breed I -----> 2. inbreed -----> 3. line breed -----> 4. cross breed II

1. Cross breed I
Sebelum mulai ternak, kita harus berkhayal dulu. Berkhayal tentang seperti apa typical karakter ayam terbaik yang kita idam2kan. Bukan sekedar ikut2an hanya melihat ayam juara yang ada. Ayam juara belum tentu sempurna. Maka khayalan kita harus jauh lebih bagus dari sekedar juara. Agak idealis kelihatannya, tapi inilah cita cita yang harus dicapai, bagaimanapun sulitnya.

Untuk cross breed I, carilah pasangan indukan sesuai dgn kriteria khayalan kita tsb. Memakai ayam juara lebih dianjurkan. Tapi jangan asal comot!!!. Ayam juara banyak ragam typikal kerjanya. Misalkan ingin punya ayam dgn pukul keras, maka carilah ayam juara yg tipikal kerjanya pukul keras. Kemudian cari juga pasangan betinanya yg keturunan ayam pukul keras.
Hasil dari cross breed 1 ini diharapkan muncul ayam2 dgn karakter pukul keras secara merata pada anakannya.

Cross breed 1 ini dianggap tahap yg paling penting utk pondasi tahapan breeding berikutnya. Hasil anakan 75% harus rata karakternya. Ini untuk menghindari resiko besar pada tahapan breeding selanjutnya (inbreed), dan menghindari set back yg bisa membuang waktu percuma.

2. Inbreed :
Tujuan inbreed adlh mencetak breeder (parental stock) yg menyatukan sifat2 positif yg dimiliki agar lebih kuat daya turun ke anaknya (dominan).
Hasil inilah yg disebut 'investasi', modal dasar dan aset ternakan kita yg sangat berharga. Anakan hasil inbreed, biasanya tidak memiliki ‘vitalitas’. Yaitu rentan terhadap penyakit, dan fisik/staminanya loyo. Ini tidak menjadi masalah, karena tujuan utamanya adalah untuk parental stock, bukan untuk dijadikan fighter. Sukur2 kalo ternyata hasilnya bisa jadi petarung. Pada akhirnya, kurangnya vitalitas ini dapat diperbaiki melalui tahapan berikutnya.

3. Line breed :
Setelah dapat 'modal' dari inbreed, diperkuat lagi dgn line breed. Bila dipasangkan (misalnya) dgn paman yg punya pukul keras, hasilnya sudah bisa dipastikan : ayam dgn karakter pukul sempurna yg sangat dominan. Mungkin inilah yg dimaksud oleh Steven sebagai 'super breed'. Yaitu ayam yg memiliki daya turun breeding yg kuat thdp anak2nya.

4. Cross breed 2 :
Super breed ini boleh dicoba utk disilang dgn ayam dari trah lain (cross breed ke 2). Tujuannya utk menambah daya vitalitas dan menyempurnakan karakter. Kalau di cross dgn ayam lain yg pukul keras, hasilnya pasti ayam dgn pukulan sempurna. Kalau di cross dgn ayam yg sifatnya agak berbeda, -teknik bagus misalnya- maka pukul kerasnya tidak akan hilang. Justru kita berharap ayam dgn tipikal pukul keras dan teknik bagus. Inilah yang dimaksud Mr. Steven sebagai ‘Super fighter’.


Beberapa prinsip yg harus dipahami :

1. Tujuan utama teori population genetics adalah untuk melestarikan karakter/sifat-sifat unggul dari indukan (untuk mudahnya kita pake saja istilah "geno-type") , bukan mempertahankan ciri-ciri fisik (feno-type). Dgn kata lain, tujuan teori ini adlh menciptakan ‘super ‘breeder’.

2. Inbreeding pada prinsipnya adalah upaya menggabungkan sifat-sifat/ karakter 2 individu yang berbeda, baik karakter yang positif maupun negatif. (Ingat, tidak ada ayam yg sempurna). Oleh karenanya rumus inbreeding adalah "the best vs the best". Mr. Breemen memakai istilah super breeder vs super breeder. Yang kedua, super breeder harus mempunyai karakteristik yg dapat mendukung "khayalan" kualitas ayam yg ingin dihasilkan dari ternak kita. Misalnya kalau kita menghayalkan bahwa hasil ternakan kita harus teknik bagus, maka cari indukan yg teknik bagus. Kalau sekarang belum memiliki atau belum mampu memiliki indukan yg "ideal", menurut saya tidak perlu khawatir karena kualitas indukan dapat diperbaiki melalui cross-breeding.
Mungkin ada yg bertanya, kalau kita sudah punya "super breeder" kenapa tidak itu saja diternak dan nggak perlu repot-repot pake teori population genetics??
jawab : Kalau tujuan kita ternak hanya jangka pendek memang teori population genetics tidak perlu, tapi seperti dijelaskan sebelumnya, tujuan kita adalah jangka panjang. Perlu diingat bahwa super breeder yg kita punya suatu saat akan mati, mandul, atau sakit. Kalau ini terjadi maka kita kehilangan modal. Itu sebabnya banyak peternak besar yg gagal mempertahankan standard kualitasnya dan terus menurun. Dan banyak ayam2 juara yg terputus generasinya.

3. Cross-breeding yg pertama adalah pada saat awal memulai ternak dimana indukan berasal dari dua darah (strain) yg berbeda sedangkan cross-breeding yg kedua dilakukan dengan dua tujuan, yaitu apabila kita ingin memproduksi petarung dan untuk memperbaiki kualitas darah yg sudah ada (menambahkan elemen baru atau "additive characteristics" yg sudah ada).

4. Aplikasi teori population genetics menuntut adanya sistem seleksi yg ekstra ketat. Beberapa waktu yg lalu ada pendapat yg mengatakan untuk bisa memakai sistem inbreeding, maka kita harus menjadi ahli "membunuh". Istilah ini sebenarnya hanya untuk memberikan tekanan bahwa anakan yg akan melanjutkan generasi indukan harus diseleksi secara ketat. Pilihlah anak betina yg mirip bapaknya dan anak jantan yg mirip ibunya. Yang perlu dipahami, pengertian "mirip" disini bukan mirip secara fisik, tapi yg lebih penting adalah karakternya (tetapi kalau secara fisik juga mirip ya tidak apa-apa). Di sini lagi-lagi diperlukan "feeling" dan keahlian dalam melakukan seleksi. Agar kita bisa melakukan seleksi, misalnya untuk mengambil 1 pasang pada setiap generasi kita tetaskan 3 X, lalu dari situ dilakukan seleksi untuk menentukan 1 pasang yg akan melanjutkan karakter moyangnya (ancestors). Semakin banyak pilihan yg akan diseleksi, akan semakin bagus.

5. Hasil inbreeding selalu ditandai dengan ciri-ciri kehilangan vitalitas (ayam hasil inbreeding menunjukkan gejala penurunan vitalitas). Prof. Anker bahkan menegaskan bahwa semakin besar hilangnya vitalitas pada ayam hasil in-breeding berarti effek dari inbreeding itu lebih bagus ( confused confused ).
Ayam hasil inbreeding tidak cocok untuk tarung, tapi hanya cocok untuk menjadi indukan (orang eropa biasanya beli burung bukan untuk dimainkan tapi untuk breeding). Turunanya nanti yang dimainkan.
Vitalitas yang hilang itu akan didapatkan kembali apabila hasil inbreeding di-cross dengan ayam lain. Inbreeding dimaksudkan untuk membangun sifat-sifat yang akan selalu diturunkan kepada turunannya (offspring), sedangkan cross-breeding untuk menambah sifat-sifat/ karakter yang sudah ada seperti menambah vitalitas, karakter dan kekuatan.
Dengan in-breeding kita bisa memperbaiki kualitas yang jelek. In-breeding adalah pengurangan variasi atau keragaman. Semakin banyak/sering suatu darah tertentu (strain) dilakukan in-breed maka turunannya akan mirip satu sama lain.
Menjodohkan bapak dan anaknya yg cewek atau ibu dengan anaknya yg cowok lebih efektif hasilnya dari pada menjodohkan kakak dengan adiknya (meskipun sama-sama in-breeding tapi sepertinya dampaknya berbeda).

23 komentar:

  1. setelah kita punya bibit super breed boleh/bagus gak kita mengawinkan kembali dengan bapaknya kakek super breed ?

    BalasHapus
  2. saya kurang paham istilah paman dan keponakan, yg kurang sy fahaminya adalah istilah paman. misal saya punya 3 ekor kaka beradik satu tetasan, 2 ekor kelamin jantan yaitu A dan B dan satu ekor kelamin betina yaitu c. lalu sy kawinkan in breed jantan A dg Betina C. nah untuk line brid yg dimaksud apakah yg dimaksud paman itu adalah jantan B ? kl begitu maka sy kawinkan jantan B sbg pamannya C dengan C itu sendiri sbg keponakan perempuan dari B. Begitukah ? atau yg bimaksud paman itu saudara tetasan jantan dari orangtua/pacek jantan A,B,C ?

    BalasHapus
  3. NGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (085283790444) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT



    NGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (085283790444) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT


    NGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (085283790444) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

    BalasHapus
  4. IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya angka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!








    IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya angka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!



    BalasHapus
  5. BONUS 10% SETIAP HARI

    Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa layanan bagi permulaan akun permainan judi atau taruhan online guna anda di perutusan judi online yang berperingkat International, sah dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    http://www.bolazeus.net/tag/rahasia-poker-online/
    http://www.bolazeus.net/tag/rahasia-poker-tanpa-deposit/
    http://www.bolazeus.net/2018/07/27/posisi-kursi-pada-meja-poker-bisa-menjadi-tolak-ukur-kemenangan/

    Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

    BalasHapus
  6. BONUS MEMBER BARU 20%

    CemePoker adalah peserta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan bermacam macam banyak game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai delegasi judi poker bersama rating win tertinggi.
    poker online menjamin 100% keamanan separo membernya berulang pemain Poker beta dijamin 100% Player VS Player.
    jangan abai nantikan sawab merenggut setiap bulannya dan bunga referal seumur pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo daftar hari ini di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  7. BONUS 10% EVERY DAY

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa pelayanan terhadap permulaan akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di cabang judi online yg bertingkat International, sah dan terpercaya hanya di zeusbola.

    Sbg Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man guna beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.info/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.info/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.info/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.info/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    Atau nonton basket disini :
    nonton basket gratis

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

    BalasHapus
  8. S128Cash | Situs Bandar Judi Online Terbaik 2019
    S128Cash Menyediakan semua permainan yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia pada umumnya.
    Bagi Anda yang ATM lagi kosong atau malas untuk ke ATM kalau mau deposit, tidak perlu khawatir.. Karena di S128Cash menyediakan deposit via PULSA, OVO, GOPAY juga, sangat membantu bukan?
    Bukan itu saja, disini juga siap menerima Deposit dan Withdraw 24 jam setiap hari tanpa LIBUR dengan proses yang sangat CEPAT !!
    Berbagai PROMO BONUS juga tersedia untuk Anda seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

    Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Segera Daftarkan diri Anda.
    Hubungi kami :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    Ayam Sabung

    BalasHapus
  9. MAINKAN GAMES ONLINE KEKINIAN & TERPOPULER DI INDONESIA BERSAMA Bandar Judi Zeus Slot Deposit Pulsa – Zeus Slot.

    Segera Gabung Untuk Menikmati Permainan ZEUS SLOT DEPOSIT PULSA BERSAMA ZEUS BOLA

    Jangan Lupa Ajak Temannya Untuk Bergabung & Aktif Bermain.

    Jangan Tunggu Lagi, Daftar Sekarang Juga Bersama Agen Resmi Zeusbola Di Indonesia

    DAFTAR Judi Slot Deposit Pulsa – Slot Pulsa : http://104.248.148.252/.

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Contact Person Us :
    Link : Www.zeusbola.win
    Whatsapp : 0813 3355 5996
    SMS : 0813 3355 5996


    Link Alternatif ZEUSBOLA :
    https://medium.com/@marketingzeusbola/judi-deposit-pulsa-slot-online-slot-pulsa-5f730916ecd1

    http://134.209.98.69/judi-deposit-pulsa-slot-online-slot-pulsa/

    Daftar Judi Online Deposit LinkAja Tcash
    http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/
    Daftar Slot Deposit LinkAja — Daftar Slot LinkAja



    Poker Pulsa
    Judi Poker Pulsa
    Slot Pulsa
    Judi Slot Pulsa

    BalasHapus
  10. BISA DEPOSIT PAKAI GOPAY

    CemePoker ialah perutusan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan beraneka banyak game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai peserta judi poker dengan rating win tertinggi.
    ceme poker menjamin 100% keamanan sebagian membernya sedang pemain Poker saya dipastikan 100% Player VS Player.
    janganlah lalai nantikan pahala merenggut tiap-tiap bulannya dan pahala referal seusia pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo main sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  11. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  12. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI OVO

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, domisili perwakilan Judi Online memperlakukan pulsa ialah selaras jurubayar judi yang menyiapkan tontonan poker online pada masa ini sudah sekali sepele degnan datangnya pergelaran ini poker online endapan via pulsa akomodasi antep berlagak disebuah pergelaran judi online yang boleh kita jumpai saat ini sebenarnya buah berbunga semakin tumbuhnya waktu dan teknologi saat ini didalam pergelaran tagan online. Atas cuma mencalonkan pulsa lir modal endapan tontonan di judi via pulsa online, anakbuah sudah menggerapai aplusan yang besar berlaku serta memboyong permainan.

    Bermain mengawamkan pulsa didalam pertunjukan judi online pastinya memang hendak semakin mengecilkan personel waktu agan mengamalkan pergelaran taruhan online. Berlandaskan masuknya deposit via pulsa lalu personel bakal piawai atas enteng bernas tengil dan menjabat jawara didalam seimbang pementasan poker. Tontonan judi online endapan dengan pulsa mestinya tentu menjangkau sebagian nilai berpura-pura yang mampu berwujud pulsa juga maupun berwujud uang legal didalam seimbang atraksi judi online.

    BACA JUGA:

    bandar poker pulsa terpercaya
    poker pulsa
    judi poker deposit pulsa


    Daftar sekarang di ZeusBola

    BalasHapus
  13. Bosan dengan permainan poker online? Ingin mencoba sensasi baru yang mudah dimainkan dan mudah dimainkan? Hayuk gabung bersama POKERVITA - POKER ONLINE | BANDAR POKER | JUDI POKER | AGEN POKER terpercaya di Indonesia menerima deposit via pulsa.

    Promo bonus besar-besaran Pokervita
    * Promo Harian
    * Promo Mingguan
    * Promo Bulanan

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Judi Poker Online
    Texas Holdem Poker
    Bandar Sakong Online

    BACA JUGA :
    Dominoqq Pulsa Pada Server PKV Games Pokervita
    Alasan Dana Deposit Di Situs Bandarq Online Lama Diproses
    Apk Pkv Pulsa Termudah dan Terbaik

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  14. Rasakan Permainan Slot Yang Beda Banget
    Slot terkenal Hadirkan Permainan Slot Dengan Jackpot dan Kemenangan Yang Tinggi...
    Ratusan Slot Bisa Anda Mainkan Disini...

    Dapatkan Bonus Deposit Untuk Slot 10% dan Rollingan 0.5% Setiap Hari...
    Bonus Referral Dengan Sistem Downline Berlaku Seumur Hidup..!!

    Jangan Lewatkan Kesempatan Ini...

    info
    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  15. Winning303
    Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  16. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Sabung Ayam
    5. Poker IG

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,7%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  17. ZeusBola - Bandar Sabung Ayam Online Taji S128 dan Sv388
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola.asia

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 4 Agustus 2020

    BalasHapus
  18. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen IDN Poker Online Terpercaya Indonesia

    Situs Poker Online Deposit OVO

    BalasHapus
  19. Cari agent sabung ayam ternama & teraman?
    Ada nih kawan BOLAVITA Agent dengan bonus terbanyak setiap harinya

    jadi tunggu apalagi kawan mari join segera bersama kami

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus
  20. DAPETIN JUTAAN RUPIAH TANPA KELUAR MODAL?

    GABUNG YUKS SINI KE ZEUSBOLA.
    CUKUP DAFTAR DAN MAIN GAME KAMU BISA DAPAT SAMPAI JUTAAN RUPIAH

    PROMO DAN BONUS NYA ADALAH
    BONUS NEW MEMBER 10%
    BONUS CASHBACK
    BONUS EXTRA TURN OVER

    DEPOSIT CUKUP 50 RIBU DENGAN 1 USER ID LOHHH

    FAST RESPON 24 JAM
    TERAMAN DAN TERPERCAYA

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official

    BalasHapus
  21. BOLAVITA SITUS GAME ONLINE TERBAIK DAN TERPERCAYA, YANG MENAWARKAN BERBAGAI MACAM PERMAINAN DAN BONUS YANG MENARIK ♦

    BONUS SPECIAL BOLAVITA :
    WELCOME BONUS
    BONUS NEW MEMBER
    BONUS EVERYDAY
    BONUS ROLLINGAN
    BONUS REFERRAL

    DENGAN PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW YANG CUKUP TERCEPAT !

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    BalasHapus